Saturday, February 11, 2017

Ayat al-Qur’an tentang Hijrah ke Jalan Allah

Sebab turunnya ayat ini bahwa dikisahkan ada seorang yang bernama, Dlomrah bin Jundub yang pada waktu itu berhijrah meninggalkan rumahnya, lalu dia berkata kepada keluarganya bawalah aku dan keluarkan aku dari bumi orang-orang musyrik ini menuju kepada Rasulullah. Akan tetapi di tengah perjalanan sebelum berjumpa dengan Nabi Muhammad, dia meninggal dunia.Orang yang berhijrah yakni meninggalkan apa yang diperintahkan Allah dengan tulus, niscaya mereka akan mendapati bumi ini tempat yang luas untuk berhijrah serta mendapati bumi ini berbagai bentuk kemudahan karena banyaknya rezeki yang Allah berikan. Sekalipun ketika dalam perjalanan hijrah menuju tempat yang diridhai Allah tersebut belum terlaksana secara penuh, Allah akan tetap memberi balasan ganjaran orang yang berhijrah.

QS. An-Nisa ayat 100 :
وَمَنْ يُهَاجِرْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ يَجِدْ فِي الأرْضِ مُرَاغَمًا كَثِيرًا وَسَعَةً وَمَنْ يَخْرُجْ مِنْ بَيْتِهِ مُهَاجِرًا إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ ثُمَّ يُدْرِكْهُ الْمَوْتُ فَقَدْ وَقَعَ أَجْرُهُ عَلَى اللَّهِ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

Barangsiapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rezeki yang banyak. Barangsiapa keluar dari rumahnyadengan maksud berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), maka sungguh telah tetap pahala disisi Allah. Dan adalah Allah Maha pengampun lagi Maha penyanyang.
Bila dicermati, ayat ini menjanjikan kebebasan dan kelapangan rezeki bagi orang yang mau meninggalkan kekufuran dan kemaksiatan. Melihat realita yang ada saat ini ketika telah banyak nilai-nilai etika yang mulai terkikis dan penghalalan segala cara untuk mendapatkan apa yang menjadi tujuannya maka hijrah ini kiranya sangat perlu dilakukan. Karena Allah juga menjanjikan suguhan yang amat banyak bagi orang-orang yang berusaha untuk menjalankan syari’at-Nya dalam kesulitan, kesempitan serta godaan dunia yang sedemikian rupa. Hijrah yang dimaksudkan disini adalah hijrah atas dasar kesadaran dan ketulusan pribadi tanpa paksaan, karena ketika suatu hal dipaksakan maka bukan tidak mungkin hasil dari perbuatan tersebut menjadi sia-sia.
Baca Juga Artikel Tentang:
Hadits Tentang Anjuran Menikah Muda
Sumber : Makalah Tafsir Ayat Sosial IAT’14 UINSUKA

Saya Adalah Hamba Allah yang senantiasa berlindung kepada Allah menjahui segala laranganya dan menjalankan segala perintahnya.

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon