Saturday, February 11, 2017

Hadis tentang 360 Sendi Manusia

Telah menceritakan kepada kami 'Ali bin Al Husain bin Syaqiq telah mengabarkan kepada kami Al Husain bin Waqid telah menceritakan kepada kami Abdullahbin Buraidah dari ayahnya berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Dalam diri manusia ada tiga ratus enam puluh persendian, ia berkewajiban mensedekahi setiap persendian dengan satu sedekah." Mereka bertanya: Siapa yang mampu melakukannya wahai Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam? Rasulullahshallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Telah dihitung sedekah bila (dahak dimasjid kau pendam dan gangguan kau singkirkan dari jalan, bila kau tidak mampu, maka dua rakaat dhuha mencukupimu."

Imam Ahmad Bin Hanbal 21959 
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ شَقِيقٍ أَخْبَرَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ وَاقِدٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ بُرَيْدَةَ عَنْ أَبِيهِ قَالَ قَالَ رَسُولُاللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْإِنْسَانِ ثَلَاثُ مِائَةٍ وَسِتُّونَ مَفْصِلًا فَعَلَيْهِ أَنْ يَتَصَدَّقَ عَنْ كُلِّ مَفْصِلٍ فِي كُلِّيَوْمٍ بِصَدَقَةٍ قَالُوا وَمَنْ يُطِيقُ ذَلِكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ النُّخَاعَةُ تَرَاهَا فِي الْمَسْجِدِ فَتَدْفِنُهَا أَوْ الشَّيْءُ تُنَحِّيهِعَنْ الطَّرِيقِ فَإِنْ لَمْ تَقْدِرْ فَرَكْعَتَا الضُّحَى تُجْزِئُكَ



            Hadis tersebut menyiratkan bahwa setiap muslim wajib memanjatkan syukur kepada Allah atas karunia-Nya yang telah diberikan kepada mereka. Untuk menunjukkan kesyukuran itu, setiap muslim wajib mengeluarkan sedekah untuk setiap sendi tersebut setiap hari, sebagai bentuk penghargaan atas kenikmatan besar  itu.
            Hal ini juga sebagai bentuk pengagungan atas kehebatan Yang Maha Pencipta dalam mendesain tulang dan sendi-sendinya dengan ketelitian maksimal yang menunjukkan kemahakuasaan, keindahan ciptaan, dan keakurasian ciptaan Allah. Hal yang mencengangkan dari hadis ini adalah kemampuan Nabi SAW dalam menyebutkan jumlah sendi tubuh manusia dengan tepat 360 sendi, yang pada masa itu tidak mungkin seorangpun menguasai ilmu yang bisa menerangkan tentang jumlah sendi-sendi dalam tubuh manusia. Bahkan, sejumlah besar  profesor ahli kedokteran dan bedah tulang pada awal abad ke-21 pun tidak mengetahui secara pasti jumlah tulang maupun sendi dalam tubuh manusia.
            Dari sinilah Rasulullah SAW berwasiat kepada manusia untuk bersyukur kepada Allah setiap hari dengan bersedekah minimal sejumlah sendi yang ada pada tubuhnya. Sedekah yang dimaksud bukan hanya sedekah secara materi saja, tapi juga sedekah dalam artian perbuatan-perbuatan baik.
            Hadis ini juga mengajak pembacanya untuk berfikir, siapa lagi yang mampu melakukan hal ini kalau bukan Allah yang mengajarkan Nabi SAW? Inilah salah satu bukti bahwa Rasulullah SAW adalah memang utusan Allah dan tidak pernah mengarang-ngarang ajaran yang disampaikannya.
PENJELASAN SENDI
Hadits tentang 360 sendi dalam tubuh manusia sudah dilontarkan sekitar awal abad ketujuh dan masih banyak manusia yang belum mengetahui tentang sendi dalam tubuh manusia. Sejumlah prfesor kedokteran pun banyak yang belum mengatahui secara pasti berapa jumlah sendi itu. Mereka hanya mengatakan tubuh manusia itu terdapat sekitar 200-300 tulang dan ada sekitar 100-300 sendi.
Dalam beberapa ensiklopedia penjelasannya tidak rinci mengenai sendi ini. Seperti dalam The Global Encyclopedia hanya menyebutkan tentang tulang, dan penjalasan itu pun tidak rinci, dalam Hatchinson Encyclopedia menyebutkan bahwa tulang-tulang dalam tubuh manusia hanya 206 saja.
Tetapi Dr. Hamid Ahmad Hamid dalam bukunya Rihlah al-Iman fi Jism al-Insan atau dalam versi bahasa inggrisnya The Journey of Faith inside the Human Body menyebutkan tentang persendian dalam tubuh manusia secara rinci sebagaimana berikut :
a.       Tulang belakang mempunyai 147 sendi
1.      25 sendi antara tulang belakang
2.      72 sendi antara tulang belakang dan tulang rusuk
3.      50 sendi antara tulang belakang pada jalan makanan samping
b.      Dada memiliki 24 sendi
1.      2 sendi antara tulang dada dan rongga dada
2.      18 sendi antara tulang dada dan kepala
3.      2 sendi antara tulang selangka dan belikat
4.      2 sendi antara belikat dan tulang batang dada
c.       Bagian atas tubuh memiliki 86 sendi
1.      2 sendi antara tulang bahu
2.      6 sendi antara tulang siku
3.      8 sendi antara tulang pergelangan tangan
4.      70 sendi antara tulang-tulang tangan
d.      Bagian bawah tubuh memiliki 92 sendi
1.      2 sendi tulang paha
2.      6 sendi antara tulang-tulang dua lutut
3.      6 sendi antara pergelangan kaki
4.      74 sendi antara tulang-tulang telapak kaki
5.      4 sendi antara tulang lutut
e.       Daerah sekitar perut mempunyai 11 sendi
1.      4 sendi antara tulang ekor
2.      6 sendi antara tulang pinggul
3.      1 sendi antara sambungan tulang kemaluan
Jadi jika di jumlahkan keseluuhannya adalah 147 + 24 + 86 + 92 + 11 = 360

Baca Juga Artikel Tentang:
 Hadits tentang Khasiat Bekam
Sumber : Ringkasan Makalah Kelompok Hadis Kealaman IAT’13 UINSUKA

Saya Adalah Hamba Allah yang senantiasa berlindung kepada Allah menjahui segala laranganya dan menjalankan segala perintahnya.


EmoticonEmoticon