Saturday, February 11, 2017

Hadis tentang Keutamaan Membaca Surah al-Waqi’ah

Dari hadits tersebut secara eksplisit memang dikemukakan bahwa orang yang setiap malamnya secara istiqomah membaca surah al-Waqi’ah tidak akan mengalami kemiskinan dalam hidupnya. Namun perlu juga dipahami bahwa ketika hadis tersebut dipahami demikian yang apa adanya, maka pemikiran tersebut adalah hal yang keliru bahkan malah menjadi bertentangan dengan al-Qur’an, hadits dan logika. Sebab tidak mungkin orang menjadi kaya tanpa bekerja, begitupula nasib seseorang tidak akan berubah jika tidak disertai ikhtiar.

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْوَاقِعَةِ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا
Barangsiapa membaca surah al-Waqi’ah setiap malam maka dia tidak akan jatuh miskin selamanya


Dengan adanya pernyataan demikian dalam hadits tersebut, al-Ghazali bertanya kepada sebagian ulama terkait maksud hadits tersebut. Kemudian gurunya menjawab bahwa maksud dari hadits tersebut adalah Allah memberikan rezeki kepada orang-orang yang membacanya dengan sifat qana’ah atau kekuatan yang dapat menguatkan untuk beribadah kepada-Nya serta kekuatan untuk belajar ilmu pengetahuan (sebagai sarana untuk memperbaiki ibadah). Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan membaca surah al-Waqi’ah secara istiqomah setiap harinya akan mencegah dari faqir hati, bukan faqir harta.
Jika pada masa sekarang dipahami hanya dengan bekal hadits tersebut, maka kesuksesan dan kekayaan materi tidak akan pernah didapat. Apalagi dengan adanya persaingan yang ketat dan terbatasnya lapangan kerja akan menyulitkan seseorang untuk mencapai kesuksesan  tanpa adanya usaha, koneksi dan skill yang memadai. Maka memang idealnya jika harapan yang tinggi akan kesuksesan juga dibarengi dengan usaha dan do’a yang seimbang.
Baca Juga Artikel Tentang:
Hadits Tentang Larangan Isbal (Menjulurkan Kain Melebihi Mata Kaki)
Sumber : Ringkasan Makalah Metopen Hadis IAT'14 UINSUKA

Saya Adalah Hamba Allah yang senantiasa berlindung kepada Allah menjahui segala laranganya dan menjalankan segala perintahnya.


EmoticonEmoticon