Monday, February 20, 2017

Ibadah Harus Dilandasi Ilmu

Sahabat Islamatika  pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang ibadah yang harus di landasi dengan ilmu dalam melakukanya, kenapa harus di landasi dengan ilmu?, karena ilmu merupakan pengetahuan dan tata cara bagaimana kita melakukan suatu ibadah itu dengan benar sesuai dengan syariat dan tuntunan sunnah. Sebagian salafiyah berkata: barangsiapa yang beribadah kepada Allah tanpa ilmu maka dia akan lebih banyak merusak diri daripada memperbaiki.Imam Bukhari rahimahullah membuat bab dalam sahihnya di dalam bab al-ilmu sebuah bab dengan judul ilmu sebelum berkata dan beramal , berdasarkan firman Allah yang artinya: maka ketahuilah bahwa tidak ada sesembahan yang benar selain Allah. maka imam bukhari berkata: Allah memulai dengan ilmu. 


Ibnu Munayyir rahimahullah berkata: beliau imam bukhari bermaksud menjelaskan bahwa ilmu merupakan syarat benarnya ucapan dan amalan sehingga keduanya tidak di anggap tanpanya.maka ilmu itu lebih di dahulukan daripada keduanya sebab ilmu menjadi faktor yang meluruskan niat, sedangkan lurusnya niat itulah yang meluruskan amalan. Penulis ingin menggaris bawahi hal itu karena supaya tidak muncul anggapan dari sebagian orang bahwa  ilmu tidak ada gunanya tanpa amalan yang menimbulkan sikap meremehkan ilmu dan bermudah-mudahan dalam mempelajarinya.

Baca juga Artikel Lainnya Tentang:

Ibnu Qayyim rahimahullah berkata; kebutuhan kepada ilmu di atas kebutuhan kepada makanan,bahkan di atas kebutuhan kepada nafas. Keadaan paling buruk yang di alami orang  yang tidak bisa bernafas adalah kehilangan kehidupan jasadnya. Adapun melenyapnya ilmu menyebabkan hilangnya kehidupan hati dan ruh. oleh karena itu setiap hamba tidak bisa terlepas darinya sekejap mata sekalipun. Apabila seseorang kehilangan ilmu akan mengakibatkan dirinya jauh lebih jelek daripada keledai. Bahkan jauh jauh lebih buruk dari pada bianatang di sisi Allah, sehingga tidak ada makhluk apapun yang lebih rendah daripada dirinya ketika itu.

Sufyan bin Uyainah rahimahullah mengatakan: barang siapa yang rusak di antara ahli ibadah kita maka pada dirinya terdapat kemiripan terhadap orang nasrani. Barangsiapa yang rusak di antara ahli ilmu kita maka pada dirinya terdapat kemiripan dengan orang yahudi.Ibnu Qayyim mengatakan karena hal itu dimkarenakan orang nasrani beribadah tanpa ilmu sedangkan orang yahudi mengetahui kebenaran akan tetapi mereka justru berpaling darinya.

Demikianlah pembahasan ibadah yang harus di landasi dengan ilmu supaya ibadah kita di terima dan semoga kita mendapatkan wawasan dan ilmu yang bermanfaat serta dapat mengamalkanya di kehidupan kita sehari-hari dan mengajarkan serta membagikan ilmu-ilmu yang kita punya karena berbagi itu indah, sekian kurang lebihnya saya mohon maaf. Terimakasih.

Saya Adalah Hamba Allah yang senantiasa berlindung kepada Allah menjahui segala laranganya dan menjalankan segala perintahnya.


EmoticonEmoticon