Wednesday, February 22, 2017

Keajaiban Al-Qur'an Fungsi Gunung di Bumi

Sahabat Islamatika  pada kesempatan kali ini saya akan membahas keajaiban Al-Qur'an yaitu tentang fungsi gunung di bumi ini, jadi gunung sangat berperan aktif dalam menyeimbangakn keadaan alam di bumi tempat tinggl kita ini, lalu apa saja sih fungsinya langsung saja kita bahas. Gunugn dengan perpanjangannya yang menghujam jauh ke dalam maupun ke atas permukaan bumi , gunung-gunung menggengam lempengan-lempengan kerak bumi yang berbeda layaknya pasak. kerak bumi terdiri lempengan-lempengan yang senantiasa dalam keadaan bergerak. Fungsi pasak dari gunung ini mencegah guncangan dengan cara memancangkan kerak bumi yang memiliki struktur sangat mudah bergerak. Al-Qur'an mengarahkan perhatian kita pada fungsi geologis penting dari gunung. Dalam Al-Qur'an Allah berfirman yang artinya " Dan telah Kami jadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh supaya bumi itu tidak goncang bersama mereka dan telah Kami jadikan pula di bumi itu jalan-jalan yang luas supaya mereka itu mendapat petunjuk".QS Al-Anbiya:31.

Sebagaimana terlihat dinyatakan dalam ayat tersebut bahwa gunugn-gunung berfungsi mencegah goncangan di permukaan bumi ini. Kenyataan ini tidaklah di ketahui oleh siapapun di masa ketika Al-ur'an di turunkan, nyatanya hal ini baru saja terungkap sebagai hasil penemuan geologi modern.Menurut penemuan ini gunugn-gunung muncul sebagai hasil dari pergerakan dan tumbukan dari lempengan-lempengan raksasa yang membentuk kerak bumi. Ketika dua lempengan bertumbukan lempengan yang lebih kuat menyelip di bawah lempengan yang satunya, sementara yang di atas melipat dan membentuk dataran tinggi dan gunung. Lapisan bawah bergerak di bawah permukaan dan membentuk perpanjangan yang dalam ke bawah. ini berarti gunung mempunyai bagian yang menghujam jauh ke bawah yang tak kalah besarnya dengan yang tampak di permukaan bumi.

    Baca Juga Artikel Lainnya Tentang:
                 Tanda-Tanda Kiamat Menurut Hadits Nabi Muhammad SAW
Dalam tulisan ilmiah struktur gunung di gambarkan sebagai berikut: Pada Bagian benua yang lebih tebal seperti pada jajaran pegunungan, kerak bumi akan terbenam lebih dalam ke dalam lapisan magma. Dalam sebuah ayat peran gunung seperti ini di ungkapkan melalui sebuah perumpamaan sebagai pasak dan ayat itu yang artinya: " Yaitu mata air dalam surga yang dari padanya hamba-hamba Allah minum. dan mereka dapat mengalirkanya dengan sebaik-baiknya. mereka menunaikan nazar dan takut akan suatu hari yang azabnya merata di mana-mana". QS. Al-Insan:6-7.

Dengan Kata lain gunung-gunung menggenggam lempengan-lempengan kerak bumi dengan memanjang ke atas dan ke bawah permukaan bumi pada titik-titik pertemuan lempengan-lempengan ini. dengan cara ini mereka memancangkan kerak bumi dan mencegahnya dari terombang-ambing di atas lapisan magma atau di antara lempengan-lempengannya. Singkatnya, kita dapat menyamakan gunung dengan paku yang menjadikan lembaran-lembaran kayu tetap menyatu.

Fungsi pemancangan dari gunugn di jelaskan dalam tulisan ilmiah dengan istilah isostasi. isostasi bermakna sebagai berikut:isostasi kesetimbangan dalam kerak bumi yang terjaga oleh aliran materi bebatuan di bawah permukaan  akibat tekanan gravitasi.Peran penting gunung yang di temukan oleh ilmu geologi modern dan penelitian gempa telah dinyatakan dalam Al-Qur'an berabad-abad lampau sebagai suatu bukti hikmah maha agung dalam ciptaan Allah. dan firman Allah yang artinya "Dan telah Kami jadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh supaya bumi itu tidak goncang bersama mereka dan telah Kami jadikan pula di bumi itu jalan-jalan yang luas agar mereka itu mendapat petunjuk". QS. Al-Anbiya:31. 

Saya Adalah Hamba Allah yang senantiasa berlindung kepada Allah menjahui segala laranganya dan menjalankan segala perintahnya.


EmoticonEmoticon