Thursday, February 23, 2017

Keajaiban Al-Qur'an Lautan Yang Tidak Bercampur Satu Sama Lain

Sahabat ISLAMATIKA  pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang salah satu keajaiban Al-Qur'an yaitu tentang Lautan yang tidak bercampur satu sama lain. Mungkin sebagian besar dari kita telah mendengar atau tau bahkan juga sudah ada yang pernah melihat dan menyaksikan langsung keajaiban ini dengan mata kepala mereka. sehingga kita pasti sadar akan kekuasaan Allah dan membuat kita yakin dan kagum ketika melihat langsung. Oleh karena itu kita harus selalu senantiasa bersyukur akan kebesaran Allah yang telah di tujukan kepada kita.di sini saya akan sedikit menjelaskan kena lautan itu airnya tidak bisa bercampu, tentu saja ini dengan penjelasan secara ilmiah dari beberapa penelitian oleh kalanga ilmuwan di bumi ini yang terkagum-kagum oleh salah satu keajaiban alam tersebut.Ternyata lautan yang tidak bisa bercampur airnya itu terdapat di samudera atlantik tepatnya di laut tengah di antara benua afrika dan eropa yaitu selat Gibraltar. Sebenarnya pada saat dahulu belum banyak orang yang tau akan kejadian ini, namun pada saat baru-baru ini di abad ke-20 pada zaman modern banyak di lakukan penelitian oleh ilmuwan sehingga langsung tersebar ke seluruh penjuru dunia dan di ketahui pula penyebab ataupun sifat-sifat dari air ini.

Penjelasan singkatnya terdapat gelombang besar, arus kuat, dan gelombang pasang di laut tengah dan samudera atlantik. air laut tengah memasuki samudera atlantik melalui selat Gibraltar. Namun suhu, kadar garam, dan kerapatan air laut di kedua tempat ini tidak berubah karan adanya penghalang yang memisahkan keduanya . salah satu di antara sekain sifat  lautan yang baru-baru ini di temukan adalah berkaitan denga ayat Al-Qur'an  sebagai berikut yang artinya:"Dia membiarkan kedua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu antara keduanya ada batas yang tidak di lampaui masing-masing". QS. Ar-Rahman:19-20.

Ternyata di dalam Al-Qur'an sudah di sebutkan adanya kedua lautan yang tidak bisa bercampur tersebut.dan dari beberapa penjelasan di atas bahwa lautan tersebut tidak bisa bercampur karena akibat adanya suatu penghalang yang tidak bisa di lampaui oleh masing-masing air laut tersebut, disini kita belum terlalu paham apa yang di maksud dengan penghalang tersebut, mungkin dari sebuah penelitian-penelitian yang sudah di lakukan oleh para ilmuwan di dunia ini dan mungkin juga sudah mendapatkan suatu kesimpulan tentang adanya penghalang yang memisahkan air laut tersebut sehingga tidak bisa bercampur.

 Baca juga Artikel Lainnya Tentang:
                                 Keajaiban Al-Qur'an Angin Yang Mengawinkan
Penjelasan oleh ilmuwan itu adalah bahwa sifat lautan yang saling bertemu akan tetapi tidak bercampur satu sama lain ini telah di temukan oleh para ahli kelautan baru-baru ini. di karenakan gaya fisika yang di namakan tengangan permukaan air dari laut-laut yang saling bersebelahan tidak menyatu, akibat adanya perbedaan masa jenis, tegangan permukaan mencegah lautan dari bercampur satu sama lain  seolah terdapat dinding tipis  yang memisahkan mereka.

Dari penjelesan tersebut kita tau bahwa sifat lautan yang bertemu akan tetapi tidak bisa bercampur itu karena adanya gaya fisika yaitu tegangan permukaan air laut, jelas bahwa aliran air laut tersebut memang berbeda, sehingga menimbulkan perbedaan massa jenis dan seolah-olah terdapat dinding tipis yang memisahkan kedua lautan tersebut, disini telah di ketauhi hubunganya yaitu tentang penghalang yang menghalangi air tidak bisa bercampur sebagaimana yang telah di jelaskan di ayat Al-Qur'an di atas bahwa pengahalang itu adalah sebuah dinding tipis yang di sebabkan karena adanya perbedaan massa jeni dan tegangan permukaan laut yang berbeda dan saling bersebelahan tidak menyatu.

Sisi menarik dari hal ini adalah bahwa pada masa ketika manusia tidak memiliki pengetahuan apapun mengenai fisika, tegangan permukaan, ataupun ilmu kelautan akan tetapi hal ini sudah dinyatakan dalam Al-Qur'an. Kita sebagai penghuni bumi ini dan sebagai hamba Allah, kita wajib selalu untuk meningkatkan rasa iman kita dan taqwa kita sehingga kita meyakini akan kebesaranNya. Mungkin demikian artikel singkat tentang penjelasan  lautan yang tidak bercampur satu sama lain, banyak salahnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, terimakasih.

Saya Adalah Hamba Allah yang senantiasa berlindung kepada Allah menjahui segala laranganya dan menjalankan segala perintahnya.

1 komentar so far


EmoticonEmoticon