Saturday, February 11, 2017

Makalah Hadis tentang Khasiat Air Zam-zam

A.Pendahuluan. Air merupakan sumber kehidupan bagi makhluk hidup, karena manusia, hewan maupun tumbuhan tidak akan bertahan hidup tanpa air. Oleh karenanya air menjadi hal yang sangat urgent dalam kehidupan manusia. Namun, apabila ada air yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit sebagaimana air zam-zam, maka tentu banyak sebagaian orang yang memperbincangkan dan mempertanyakannya.Sedangkan hadis Nabi yang terdapat dalam beberapa kitab kutubussittah  menyatakan dengan tegas bahwa, air zamzam merupakan air yang berkah sehingga dapat diminum untuk maksud dan tujuan tertentu sesuai permintaan yang meminumnya seperti dalam hal penyembuhan penyakit dan membuat orang yang meminumnya merasa kenyang. Kemudian dari sinilah muncul berbagai pertanyaan-pertanyaan yang menyangkut tentang beberapa keistimewaan air zam-zam.



       B.     Pembahasan
1)        Teks Hadis dan terjemahnya
HR. Ibn Majah: 3053, Kitab Manasik, Bab Meminum Air Zamzam

حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ قَالَ قَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْمُؤَمَّلِ أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا الزُّبَيْرِ يَقُولُ سَمِعْتُ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ يَقُولُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَاءُ زَمْزَمَ لِمَا شُرِبَ لَهُ  

 “Telah menceritakan kepada kami Hisyam bin Ammar; telah menceritakan kepada kami Al Walid bin Muslim berkata; Abdullah bin Mu`ammal berkata; bahwa ia mendengar Abu Az Zubair berkata; Aku mendengar Jabir bin Abdullah radliallahu 'anhu, ia berkata; Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 'Air Zamzam (berkhasiat) sesuai dengan niat (tujuan) diminum (oleh penggunanya).”

  1.   Fungsi dan Peran Air Terkait al-Qur’an
  Q.S an-Naml: 60 

أَمَّنۡ خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلۡأَرۡضَ وَأَنزَلَ لَكُم مِّنَ ٱلسَّمَآءِ مَآءٗ فَأَنۢبَتۡنَا بِهِۦ حَدَآئِقَ ذَاتَ بَهۡجَةٖ مَّا كَانَ لَكُمۡ أَن تُنۢبِتُواْ شَجَرَهَآۗ أَءِلَٰهٞ مَّعَ ٱللَّهِۚ بَلۡ هُمۡ قَوۡمٞ يَعۡدِلُونَ

Atau siapakah yang telah menciptakan langit dan bumi dan yang menurunkan air untukmu dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu kebun-kebun yang berpemandangan indah, yang kamu sekali-kali tidak mampu menumbuhkan pohon-pohonnya? Apakah disamping Allah ada tuhan (yang lain)? Bahkan (sebenarnya) mereka adalah orang-orang yang menyimpang (dari kebenaran).

  Q.S Al-Anbiya’: 30

أَوَ لَمۡ يَرَ ٱلَّذِينَ كَفَرُوٓاْ أَنَّ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلۡأَرۡضَ كَانَتَا رَتۡقٗا فَفَتَقۡنَٰهُمَاۖ وَجَعَلۡنَا مِنَ ٱلۡمَآءِ كُلَّ شَيۡءٍ حَيٍّۚ أَفَلَا يُؤۡمِنُونَ 

Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman.

  Q.S al-Furqon: 48

وَهُوَ ٱلَّذِيٓ أَرۡسَلَ ٱلرِّيَٰحَ بُشۡرَۢا بَيۡنَ يَدَيۡ رَحۡمَتِهِۦۚ وَأَنزَلۡنَا مِنَ ٱلسَّمَآءِ مَآءٗ طَهُورٗ

Dialah yang meniupkan angin (sebagai) pembawa kabar gembira dekat sebelum kedatangan rahmat-nya (hujan); dan Kami turunkan dari langit air yang amat bersih.

  Q.S al-Fathir:12

وَمَا يَسۡتَوِي ٱلۡبَحۡرَانِ هَٰذَا عَذۡبٞ فُرَاتٞ سَآئِغٞ شَرَابُهُۥ وَهَٰذَا مِلۡحٌ أُجَاجٞۖ وَمِن كُلّٖ تَأۡكُلُونَ لَحۡمٗا طَرِيّٗا وَتَسۡتَخۡرِجُونَ حِلۡيَةٗ 
تَلۡبَسُونَهَاۖ وَتَرَى ٱلۡفُلۡكَ فِيهِ مَوَاخِرَ لِتَبۡتَغُواْ مِن فَضۡلِهِۦ وَلَعَلَّكُمۡ تَشۡكُرُونَ

Dan tiada sama (antara) dua laut; yang ini tawar, segar, sedap diminum dan yang lain asin lagi pahit. Dan dari masing-masing laut itu kamu dapat memakan daging yang segar dan kamu dapat mengeluarkan perhiasan yang dapat kamu memakainya, dan pada masing-masingnya kamu lihat kapal-kapal berlayar membelah laut supaya kamu dapat mencari karunia-Nya dan supaya kamu bersyukur.

  1. Syarah dan Penjelasan Hadis

Dalam syarah Muslim lafadz إِنَّهَا طَعَامُ طُعْمٍ dhommah  huruf tha dan sukun ain artinya mengenyangkan orang yang meminumnya sebagaimana kenyangnya orang yang makan. Dinamakan zam-zam karena airnya yang banyak. Dikatakan مَاءُ زَمْزَمَ (air zam-zam) yakni air yang banyak. Sebagian mengatakan, dinamakan demikian dikarenakan ia berkumpul. Pendapat ini dinukil dari Ibnu Hisyam. Abu Zayd berkata,  apabila kata zam-zam disebutkan untuk konteks manusia, maka maknanya adalah perkumpulan yang berjumlah 50 orang atau sekitar itu. Sedangkan Mujahid berkata, hanya saja dinamakan zam-zam karena berasal dari kata hazmah, yang artinya menguak dengan tumit ke tanah. Pendapat ini dikutip oleh al-Faqihi dengan sanad yang  shahih dari Mujahid.
Adapula yang menamakan demikian karena gerakanya, pendapat ini dikemukakan oleh al-Harbi. Ada juga yang berpendapat bahwa dinamakan seperti itu karena ia sangat seimbang dalam timbangan, tidak condong ke kanan atau ke kiri.
Dalam hadis telah disebutkan tentang sifat-sifat yang dimiliki zam-zam seperti yang dipaparkan di atas, bahwa ia adalah air yang diberkati dan makanan terbaik, ia penyembuh penyakit, air zam-zam akan memberikan apa yang menjadi tujuan peminumnya, jika meminumnya untuk mendapatkan kesembuhan, maka Allah akan menyembuhkan. Dan jika meminumnya untuk mendapatkan rasa kenyang, maka Allah akan mengenyangkan. Dan jika meminumnya untuk menghilangkan dahaga, maka Allah akan menghilangkanya. Ia adalah satu paket yang dibawa Jibril dan minuman Allah untuk Ismail, Ibnu Abbas berkata, jika hendak meminumnya mengahadaplah ke kiblat dan sebutlah nama Allah (membaca basmalah), lalu bernafaslah tiga kali dan minumlah dengan baik. Apabia telah selesai (meminumnya), maka pujilah Allah (membaca hamdalah). Karena Rasulullah pernah bersabda, “sesungguhnya tanda pemisah antara kita dengan kaun munafik adalah, mereka tidak meminum air zam-zam dengan baik”.
            Seperti yang telah dipaparkan diatas bahwa berbicara tentang zam-zam sangat erat kaitanya  dengan khasiat-khasiat yang telah banyak diperbincangkan. Disamping itu pernyataan tentang fenomena sembuhnya orang yang sakit setelah meminum zam-zam juga tidak sedikit jumlahnya. Dan keberkahan zam-zam salah satunya dapat dilihat dari historis terbentuknya sumur zam-zam itu sendiri.
            Sumbernya air zam-zam, muncul dengan penuh kemukjizatan sebagai anugrah bagi nabi Ibrahim, istrinya dan anaknya Ismail.Hal ini juga mempertegas sabda Rasulullah yang menyatakan bahwa sumur zam-zam muncul dari galian dahsyat yang dideskripsikan Rasulullah sebagai HazmahJibril dan Suqyah Allah untuk Ismail.
            Sumur zam-zam merupakan salah satu mukjizat fisik yang menunjukkan kemuliaan tempat tersebut dan kedudukan Ibrahim, Ismail, dan Siti Hajar. Ibrahim adalah bapak para nabi dan rasul yang melakukan penggalian  kembali sumur zam-zam. Sementara Ismail merupakan merupakan korban sembelihan yang ditebus oleh Allah dngan karunia dan Rahmat-Nya dan ia membantu bapaknya Ibrahim dalam meninggikan fondasi Ka’bah.
            Dalam kitab Zadul Ma’ad, Ibnu Qayyim mengungkapkan, bahwa ia dan beberapa temannya, pernah mencoba berobat dengan air zam-zam dengan izin Allah, penyakit yang diderita pun sembuh. Ia juga pernah menyaksikan orang yang selama setengah bulan hanya makan dengan meminum air zam-zam. Dan selama itu ia tidak lapar. ini membuktikan kebenaran hadis rasul bahwa air zam-zam adalah makanan bagi yang lapar dan obat bagi yang sakit.


  1. Penjelasan Sains Terhadap Keutamaan Air Zam-zam
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan jepang Massaro Emoto dalam bukunya “the true power of water” air keran sama sekali tidak dapat membentuk kristal, sedangkan air alami (air yang keluar dari tanah) dapat membentuk kristal. Menurut Emoto ketika kata positif ditunjukan kepada air maka air akan membentuk kristal yang sangat indah berbentuk kristal seperti potongan permata dan sebaliknya ketika kata negatif ditunjukan kepada air maka air tidak akan berbentuk kristal.
Sebagai pembuktiannya, pernah dilakukan pengambilan air alami dari mata air pulau Honshu yang didoakan secara agama shinto dan difoto dengan mikroskop elektron dengan kamera kecepatan tinggi ternyata molekul air membentuk kristal segi enam yang indah. Percobaan diulangi lagi dengan membaca kata Arigato (terimakasih dalam bahasa jepang), yang terjadi pada air tadi adalah membentuk kristal semakin indah, selanjutnya ditunjukan kata “setan” dan yang terjadi kristal tersebut menjadi buruk dan hancur kemudian ketika dicoba dibacakan do’a Islam, kristal bersegi enam dengan lima cabang daun muncul berkilauan. Barangkali temuan ini dapat menjelaskan kenapa air putih yang didoakan bisa menyembukan penyakit itu karena molekul air dapat menangkap pesan do’a kesembuhan, menyimpannya dan bersatu dengan air lain yang terdapat di tubuh manusia yang sakit.
Ada juga dari seorang ketua pusat penelitian Haji yakni Sami Unqawy, yang melakukan penelitian langsung terhadap air zamzam melalui celah-celah mata airnya, maka beliau mengatakan bahwa ternyata air zamzam tidak mengandung satu jenis bakteri pun.
Kajian ilmiah yang telah dilakukan dalam konteks kandungan air zamzam mengatakan bahwa sumur zamzam memiliki air yang istimewa karena bersifat natural serta memiliki kandungan kekayaan unsur dan partikel kimiawi  yang sangat bermanfaat hingga mencapai sekitar 2000 miligram perliter. Padahal air sumur disekelilingnya dan dikota mekah pada umumnya hanya mengandung 260 miligram perliter.
Adapun unsur kimia yang terkandung didalam air zamzam terdiri dari ion positif dan negatif. Komposisi ion positif perliter mengandung unsur : sodium (250 mg), calcium (200 mg), pottasium/ unsur kimia yang halus dan berwarna putih (120 mg), dan magnesium/ logam yang berwarna perak yang bercahaya kalau dibakar (50 mg). Sedangkan ion negatif perliter mengandung unsur : sulfate/ garam asam belerang (372 mg), bicarbonate (366 mg), nitrate/ garam asam sendawa (273 mg), phosphate (0,25 mg), dan ammonia (6 mg). Masing-masing unsur kimiawi ini memiliki peran yang penting dalam sel tubuh manusia dan mengganti atau mengisi unsur yang kurang dalam sel tersebut.
Selain itu, sebagian para ahli yang menganalisis perbandingan air zamzam dengan air yang diproduksi di mekkah dalam sebuah laboratorium, adapun kandungan unsur-unsur kimianya adalah:

UNSUR
AIRZAMZAM (mg/1)
MOYASAFA MEKAH (PPM)
Klor (C1)
159,75
30
Sulfat (SO4)
140
27
Nitrat (NO3)
-
15
Nitrit (NO2)
0,045
-
Bikarbonat (CO3)
398,22
32
Flour (F)
-
0,7
Besi (Fe)
Tidak terdeteksi
0
Mangan (Mn)
0,014
-
Natrium (Na)
318,0
20
Kalium (K)
182,2
3
Kalsium (Ca)
158,58
20
Zat padat terlarut
858
170
(TDS)
-
-
Magnesium (Mg)
6,86
5
Zat organik
2,79
-
Jumlah mikro organisme (TPK) PH
7,3
7,2

Berbagai penyakit yang diderita manusia memiliki kaitan yang signifikan dengan struktur kimiawi yang terkandung dalam tubuh manusia. Sejak dahulu, air minum mineral yang berkualitas digunakan untuk orang yang menyembuhkan berbagai penyakit, karena air sendiri mempunyai peran penting dalam mengobati seperti asam perut, kurang nafsu makan, dan jantung koroner. Adapun air mineral yang tidak berkualitas berguna untuk menyembuhkan seperti penyakit kulit, rematik, urat/otot, dan bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah atau mengganti kerusakan kekurangan zat dalam sel. Selain itu karena tubuh manusia sendiri juga mengandung air sebesar 75%; otak 74,5% air, darah 82% air, dan tulang yang keraspun mengandung 22% air. Maka itulah manusia perlu mempertahankan asupan air dalam tubuh kira-kira 2-2,5 liter air atau setara dengan 8-10 gelas perhari karena air tersebut berkhasiat untuk menggantikan cairan yang hilang dalam tubuh karena padatnya aktifitas.
Dengan demikian, air zamzam secara sains mengandung unsur/zat yang sangat bermanfaat dan memiliki kaitan yang erat dengan penyembuhan penyakit. Jadi, bagi yang ingin meminum air zamzam boleh bertujuan untuk melakukan tindakan preventif atau menjaga kesehatan dan juga tindakan medis bagi yang sudah terkena penyakit.

  1. Kesimpulan
Dari hadis yang dipaparkan diatas, mengindikasikan bahwa hadis tentang air zamzam tidak bertentangan dengan sains justru memiliki kaitan yang sangat erat. Hadis tersebut menginformasikan kelebihan dan keutamaan air zamzam yang dapat dikonsumsi untuk kepentingan kesehatan karena kadar kandungan zat dalam air tersebut melebihi air mineral yaang paling bagus sekalipun.
Baca Juga Artikel Tentang Hadits Tentang 360 Sendi Manusia
Sumber : Makalah Kelompok Hadis Kealaman IAT’13 UINSUKA

Saya Adalah Hamba Allah yang senantiasa berlindung kepada Allah menjahui segala laranganya dan menjalankan segala perintahnya.


EmoticonEmoticon