Monday, February 20, 2017

Syarat Diterimanya Ibadah

Sahabat Islamatika pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang apa saja sih syarat-syarat di terimanya ibadah itu? oke langsung saja. di dalam Al-Qur'an Allah berfirman yang artinya: Barangsiapa yang mengharapkan perjumpaan dengan RabbNya hendaklah ia melakukan amal sholeh dan tidak mempersekutukan dalam beribadah kepada RabbNya dengan suatu apapun. QS.Al-Kahfi:110.Imam Ibnu Katsir rahimahullah menerangkan bahwa amal shalih ialah amalan yang sesuai dengan syariat Allah, sedangkan tidak mempersekutukan Allah maksudnya adalah amalan yang di niatkan untuk mencari wajah Allah (ikhlas) inilah dua rukun amal yang akan di terimadi sisiNya.
Fudhail bin Iyadh rahimahullah berkata: sesungguhnya amalan jiak ikhlas namun tidak benar maka amalan itu tidak akan diterima. demikian pula jika amalan itu benar tapi tidak Ikhlas dalam melakukanya maka juga tidak akan di terima sampai ia ikhlas dan benar. Ikhlas itu jika di peruntukkan hanya untuk Allah  bagi Allah semata, sedangkan benar jika berada di atas sunnah atau tuntunan.



Baca Juga Atikel lainnya tentang: 

Said bin jubair rahimahullah berkata: tidak akan di terima ucapan kecuali apa-apa di barengi dengan amalan, tidak akan diterima ucapan dan amalan kecuali dilandasi dengan niat. Dan tidak akan diterima suatu ucapan , amalan dan niat kecuali apabila bersesuaian dengan assunah. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata; simpul pokok ajaran agama ada dua yaitu: kita tidak beribadah kecuali hanya kepada Allah, dan kita beribadah kepadaNya hanya dengan syari'atNya.Kita tidak beribadah kepadaNya denga bidah-bidah hal itu sesuai firman Allah yang artinya: Maka barang siapa yang mengharapkan perjumpaan dengan RabbNya hendaklah dia melakukan amalah shalih dan tidak mempersekutukan sesuatupun dalam beribadah kepada RabbNya. QS. Al-Kahfi:110.

Demikianlah penjelasan dan pembahasan tentang syarat agar ibadah kita bisa di terima dan semoga bisa menambah wawasan dan ilmu kita sehingga kita bisa meningkatkan kualutas dalam beribadah meningkatkan keimanan kita dan ketaqwaan kita serta dapat menumbuhkan rasa cinta kasih kepada sesama hamba Allah, mungkin sekian dulu semoga kita mendapat manfaat dan bisa mengamalkanya, kurang lebihnya saya mohon maaf. Jangan lupa baca Artikel lainya yaitu tentang Ayat Al-Qur'an tentang hijrah di jalan Allah dan artikel tentang Anjuran untuk menikah muda.

Saya Adalah Hamba Allah yang senantiasa berlindung kepada Allah menjahui segala laranganya dan menjalankan segala perintahnya.


EmoticonEmoticon